Welcome

Senin, 18 Juli 2011

Mataram Kuno, Kerajaan termegah di Nusantara?

MATARAM NAMA IBU KOTA KERAJAAN MEDANG

Pada mulanya, sebelum kawasan Jawa terbagi menjadi 3 wilayah seperti Jabar, Jateng, dan Jatim. Yang merupakan produk dari penjajah Belanda dengan tujuan untuk memecah belah suku Jawa. Dulu Pulau Jawa hingga tahun 1500 Masehi, masih merupakan kesatuan utuh, yaitu seluruh daratan Pulau Jawa di sebut suku Jawa. Bukti yang realistis yaitu, orang-orang dunia di kala itu menyebut tiga wilayah yang terbagi ini masih dengan sebutan Jawa dwipa (tanah jawa), seperti yang tertulis di karya-karya sastra dari India. Juga dengan banyaknya penemuan situs-situs yang selalu menyebut Jawa saja, bukan Jabar, Jateng atau Jatim. Dan untuk Mataram Kuno, ternyata sebagian besar wilayah kekuasaannya meliputi Jawa Timur sekarang ini, hal ini bisa di buktikan dari berbagai penemuan situs-situs arkeologi seputar perkembangan zaman Mataram Kuno yang ternyata pernah berpusat di wilayah Jawa Timur sekarang.

KERAJAAN Mataram Kuno di sebut juga dengan Kerajaan Medang. Kerajaan ini berdiri di wilayah Jawa Tengah sekarang. Dalam perkembangannya pada abad ke 8 (600-150Masehi), bahkan pusat pemerintahannya pernah bergeser ke wilayah Jawa Timur sekarang, yaitu pada abad ke 10 hingga akhirnya runtuh pada awal abad ke 11. Perlu diketahui, dalam kurun waktu 600-1500 Masehi atau zaman Hindu-Buddha, terdapat kerajaan Mataram Hindu (Medang), Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Jenggala, Kerajaan Kadiri (Doha), Kerajaan Singasari, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Pajajaran dan Kerajaan Balmbangan.
Kembali ke Kerajaan Medang. Pada umumnya istilah Kerajaan Medang hanya lazim dipakai untuk menyebut periode Jawa Timur saja. Padahal berdasarkan prasasti-prasasti yang di temukan, nama Medang sudah dikenal sejak periode sebelumnya, yaitu periode Jawa Tengah. Sementara itu nama yang lazim dipakai untuk menyebut Kerajaan Medang periode Jawa Tengah adalah Kerajaan Mataram, yaitu merujuk kepada salah satu daerah ibu kota kerajaan ini. Kadang untuk membedakannya dengan Kerajaan Mataram Islam yang berdiri pada abad ke-16, Kerajaan Medang periode Jawa Tengah biasa pula di sebut dengan nama Kerajaan Kuno atau Kerajaan Mataram Hindu.
Mataram Kuno menjadi kerajaan yang dinilai termegah se Nusantara karena berbagai situsnya yang luar biasa. Berdasarkan peninggalan situs-situs yang megah ini pula para ahli arkeologi menyimpulkan bahwa semasa Kerajaan Mataram Kuno budaya manusianya sudah semakin tertata. Di masa inilah banyak legenda dan mitos yang lahir dan banyak pula budaya-budaya filsafat manusia Jawa, yang sampai sekarang masih diugemi (dijalani atau masih dipegang teguh) oleh masyarakat Jawa hingga saat ini.
Mengenai legenda, mitos, sastra dan isme (paham atau aliran) masyarakat Jawa akan penulis sajikan dalam kesempatan lain. Karena dengan lebih dulu mengulas seri kerajaan Nusantara berdasarkan sejarah atau temuan penelitian arkeologi ini, harapan penulis bisa membuka wawasan kita, bahwa legenda, mitos, sastra dan isme masyarakat Jawa, selain untuk menata lebih baik budaya manusianya, sebenarnya juga untuk melegitimasi kekuasaannya agar kuat. Dan mitos-mitos, legenda-legenda, kesusastraan dan isme-isme, sebenarnya di lahirkan atau di buat-buat oleh para raja-raja, pendeta-pendeta dan guru-guru saat itu.

By : Januar Triwahjudi
Di Tulis serta Di Edit By : Makslawu (Maksmasi)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

A large building or fancy normally inhabited by the royal family, the family heads of state or other officials referred to as the Palace
http://www.suksestoto.com/

Posting Komentar